RPP K13 KELAS 1 EDISI REVISI
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri ........................
Mata Pelajaran : 1. PPKn
2. Bahasa Indonesia
3. Matematika
Kelas/Semester : I (satu) / 1
Tema : Keluargaku
Sub tema : Kegiatan Keluargaku
Pembelajaran ke : 3
Materi Pokok : 1. Aturan yang berlaku di rumah (Hubungan dengan
orang tua)
2. Ungkapan terima kasih dan tolong
3. Pola bilangan
Alokasi Waktu : 5 x 35 menit
KOMPETENSI
INTI
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat,
membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di
sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam
karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
MATA PELAJARAN
|
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
PPKn
|
1.4
Menunjukkan sikap kerjasama dalam
suasana keberagaman di rumah
2.4
Bekerjasama dalam keberagaman di rumah
3.2
Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
4.2
Menceritakan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di rumah
|
3.2.1
Menyebutkan tiga peranan anak dalam kegiatan di rumah.
4.2.1
Menceritakan tiga peranan anak dalam kegiatan di rumah.
|
Bahasa Indonesia
|
3.8
Merinci ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan
pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah dan petunjuk kepada orang
lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat
dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
4.8
Mempraktikkan ungkapan terima kasih, permintaan maaf, tolong dan pemberian
pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah dan petunjuk kepada orang lain dengan
menggunakan bahasa yang santun kepada orang lain secara lisan dan tulis.
|
3.8.1
Menyebutkan ungkapan tolong dan terima kasih dalam kegiatan yang berhubungan
dengan peranan anak di rumah.
4.8.1
Menggunakan ungkapan tolong dan terima kasih dalam kegiatan yang berhubungan
dengan peranan anak di rumah.
|
Matematika
|
3.5
Mengenal pola bilangan yang berkaitan dengan kumpulan benda/gambar/gerakan
atau lainnya.
4.5
Memprediksi dan membuat pola bilangan yang berkaitan dengan kumpulan
benda/gambar/gerakan atau lainnya.
|
3.5.1
Menyebutkan baris bilangan pada pola bilangan genap.
4.5.1
Melengkapi pola bilangan ganjil pada baris bilangan yang sudah ditentukan.
|
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Melalui
kegiatan tanya jawab, siswa mampu menyebutkan tiga peranan anak dalam kegiatan
di rumah dengan tepat.
2. Melalui
kegiatan tanya jawab, siswa mampu menceritakan tiga peranan anak dalam kegiatan
di rumah dengan percaya diri.
3. Melalui
kegiatan penugasan, siswa mampu menyebutkan ungkapan tolong dalam kegiatan yang
berhubungan dengan peranan anak di rumah dengan tepat.
4. Melalui
kegiatan penugasan, siswa mampu menyebutkan ungkapan terima kasih dalam
kegiatan yang berhubungan dengan peranan anak di rumah dengan tepat.
5. Melalui
kegiatan simulasi, siswa mampu menggunakan ungkapan tolong dalam kegiatan yang
berhubungan dengan peranan anak di rumah dengan santun dan percaya diri.
6. Melalui
kegiatan simulasi, siswa mampu menggunakan ungkapan terima kasih dalam kegiatan
yang berhubungan dengan peranan anak di rumah dengan santun dan percaya diri.
7. Melalui
kegiatan pengamatan dan tanya jawab, siswa mampu menyebutkan baris bilangan
pada pola bilangan genap dengan tepat.
8. Melalui
kegiatan mengamati kumpulan benda, siswa mampu melengkapi pola bilangan dengan
tepat.
MATERI
PEMBELAJARAN
PPKn
1. Peran Anak di Rumah
a. Membantu orang tua
b. Mendoakan orang tua
c. Makan bersama
d. Meminta izin kepada orang tua
Bahasa
Indonesia
1.
Ungkapan Terima
Kasih dan Tolong
a.
Ungkapan terima
kasih
Terima kasih digunakan
saat kita sudah dibantu oleh orang lain. Contoh:
“Terima kasih sudah
membantu”
“Nuhun” (dalam bahasa
Sunda)
b.
Ungkapan tolong
Tolong digunakan saat
kita membutuhkan bantuan orang lain. Contoh:
“Tolong ambilkan air di
meja”
“Punten” (dalam bahasa
Sunda)
Matematika
1.
Baris bilangan
dengan pola tertentu.
a.
Pola bilangan
genap
Pola bilangan genap
adalah pola bilangan yang terbentuk dari bilangan-bilangan genap. Contoh: 2, 4,
6, 8, ...
b.
Pola bilangan
ganjil
Pola bilangan ganjil
adalah pola bilangan yang terbentuk dari bilangan-bilangan ganjil. Contoh: 1,
3, 5, 7, ...
METODE
PEMBELAJARAN
Pendekatan : Saintifik
Model Pembelajaran : Cooperative
Learning
Metode Pembelajaran : Tanya jawab, pengamatan, penugasan, simulasi
MEDIA
PEMBELAJARAN
1.
Teks lagu
“Bangun Tidur”
2.
Teks cerita “Kegiatan
Dayu di Rumah”
3.
Gambar kumpulan
benda
SUMBER
BELAJAR
- Buku
Guru Tema: Keluargaku Kelas 1
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2017).
- Buku
Siswa Tema: Keluargaku Kelas 1
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2017).
3.
Materi pembelajaran yang dikembangkan
oleh guru.
4.
Lingkugan sekitar.
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Siswa dikondisikan untuk siap belajar dengan berdoa, memeriksa kehadiran siswa, mengecek
kelengkapan belajar siswa, posisi dan tempat duduk.
2.
Siswa bersama guru menyanyikan lagu Indonesia Raya
3.
Siswa bersama guru membaca nyaring cerita
bergambar islami yang menginspirasi dan memotivasi siswa, sebagai pembiasaan
membaca. (Literasi)
4.
Melakukan apersepsi melalui tanya jawab tentang
kegiatan siswa di rumah yang berhubungan dengan orang tua, seperti:
a.
Jam berapa kalian bangun tidur?
b. Apa yang
kalian lakukan setelah bangun tidur?
c. Apakah kalian
sering membantu orang tua kalian?
d. Apa saja yang sering
kalian lakukan bersama orang tua kalian?
5.
Memotivasi dan
memberi acuan siswa belajar dengan menyampaikan tujuan dan rencana
pembelajaran
tentang
peraturan yang ada di rumah, meminta tolong dan terima kasih, dan pola
bilangan. (langkah 1)
|
25 menit
|
Inti
|
1.
Siswa bersama dengan guru menyanyikan lagu “Bangun
Tidur”.
2.
Siswa dan guru melakukan tanya jawab terkait isi
lagu “bangun Tidur” dan berfokus pada kegiatan yang berhubungan dengan orang
tua. (pada lirik “habis mandi kutolong ibu, membersihkan tempat tidurku”)
3.
Siswa dibimbing oleh guru, bersama-sama membaca
nyaring teks yang berjudul “Kegiatan Dayu di Rumah” (langkah 2)
4.
Siswa dan guru melakukan tanya jawab terkait isi
teks bacaan dan terkait peranan siswa sebagai anak dalam kegiatan di rumah.
5.
Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
(masing-masing kelompok beranggota 6 siswa). (langkah 3)
6.
Siswa dibimbing oleh guru untuk mengisi Lembar
Kerja tentang peranan siswa sebagai anak dalam kegiatan di rumah.
7.
Siswa dibimbing oleh guru, bersama-sama mengingat kembali
isi teks yang berjudul “Kegiatan Dayu di Rumah”
8.
Siswa dan guru melakukan tanya jawab terkait isi
teks yang berfokus pada banyak buah yang ada dalam teks tersebut.
9.
Siswa dibimbing oleh guru untuk menyusun
bilangan-bilangan tersebut dari yang terkecil sehingga terbentuk baris
bilangan.
10.
Siswa mengamati baris bilangan.
11.
Siswa dibimbing oleh guru menemukan beda antara
bilangan pertama dan kedua, bilangan kedua dan ketiga, dan seterusnya.
Sehingga siswa memahami bahwa pada baris tersebut terdapat sebuah pola,
dimana beda antara bilangan yang satu ke bilangan setelahnya adalah sama.
12.
Siswa secara berkelompok dibimbing oleh guru untuk
mengisi Lembar Kerja tentang pola bilangan.
13.
Siswa dibimbing oleh guru membaca dialog antara
ibu dengan Dayu yang berkaitan dengan teks “Kegiatan Dayu di Rumah”
14.
Siswa dibimbing oleh guru melakukan simulasi
tentang bagaimana cara menggunakan ungkapan terima kasih dan tolong bersama
dengan teman di sebelahnya.
15.
Siswa dibimbing oleh guru untuk mengisi Lembar
Kerja tentang ungkapan tolong dan terima kasih.
16.
Siswa berpasangan ke depan kelas untuk menceritakan
peranannya dalam kegiatan di rumah dan mensimulasikan cara mengungkapkan
tolong dan terima kasih, kemudian diapresiasi oleh guru dan siswa yang lain.
17.
Siswa diberikan penguatan oleh guru tentang peranan
siswa sebagai anak dalam kegiatan di rumah dan cara mengungkapkan tolong dan
terima kasih dan kapan ungkapan itu digunakan.
|
4 x 35 Menit
|
Penutup
|
1.
Siswa mengerjakan evaluasi
pembelajaran berupa soal tes.
2.
Siswa bersama dengan guru menyimpulkan pembelajaran.
3.
Siswa di bawah bimbingan
guru diminta untuk menyampaikan aktivitas belajar yang telah dilakukan,
kesulitan-kesulitan yang dialami selama pembelajaran, dan manfaat belajar
tentang materi yang telah dipelajari.
4.
Guru memberikan umpan balik terhadap
kesulitan-kesulitan yang dialami siswa selama pembelajaran.
5.
Melakukan kegiatan tindak
lanjut berupa remidial untuk siswa yang belum tuntas dan pengayaan untuk
siswa yang sudah tuntas, dalam bentuk pemberian tugas individual untuk dikerjakan
di rumah.
6.
Guru menginformasikan
rencana kegiatan pembelajaran berikutnya.
7.
Guru mengajak semua siswa berdoa
menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran).
|
10 menit
|
Penilaian Proses dan Hasil
Belajar
1.
Teknik Penilaian
a. Penilaian Sikap :
observasi
b. Penilaian Pengetahuan : tes tulis
c. Penilaian Keterampilan : praktik
2.
Bentuk Instrumen
Penilaian
a. Sikap
Kriteria
|
Baik sekali
|
Baik
|
Perlu Bimbingan
|
Kerjasama:
·
Terlibat aktif
saat melakukan diskusi
·
Menghargai
hasil kerja anggota yang lain
·
Menyimpulkan
hasil pekerjaan secara bersama-sama
|
Siswa
memenuhi semua kriteria
|
Siswa
memenuhi 1-2 kriteria
|
Siswa tidak memenuhi kriteria
|
Percaya
Diri :
·
Berani
bertanya dan atau menjawab pertanyaan saat diskusi
·
Memecahkan
masalah yang diberikan tanpa ragu-ragu
·
Berani
mengkomunikasikan hasil diskusi di depan kelas.
|
Siswa
memenuhi semua kriteria
|
Siswa
memenuhi 1-2 kriteria
|
Siswa tidak memenuhi kriteria
|
Santun:
·
menghormati pendidik, pegawai sekolah, dan orang
yang lebih tua
·
berbicara atau bertutur kata halus tidak kasar
·
berpakaian rapi dan pantas
|
Siswa
memenuhi semua kriteria
|
Siswa
memenuhi 1-2 kriteria
|
Siswa tidak memenuhi kriteria
|
Lembar Observasi Penilaian Sikap
Siswa
No
|
Nama Siswa
|
Kerja sama
|
Santun
|
Percaya diri
|
||||||
SB
|
B
|
PB
|
SB
|
B
|
PB
|
SB
|
B
|
PB
|
||
1.
|
||||||||||
2.
|
||||||||||
3.
|
||||||||||
Dst.
|
BS : Baik Sekali
B : Baik
PB : Perlu Bimbingan
b.
Pengetahuan
Tes tulis:
Melakukan tes dengan 5
soal. (terlampir)
c.
Keterampilan
1)
Rubrik
menceritakan kegiatan di rumah yang berkaitan dengan orang tua.
No
|
Kriteria
|
Tuntas
(3)
|
Belum Tuntas
(2)
|
Belum Tuntas
(1)
|
Belum Tuntas
(0)
|
1.
|
Pelafalan
|
Siswa mampu menceritakan kegiatan yang terkait dengan hubungan
dengan orang tua di rumah dengan suara
yang keras, jelas, dan lancar dengan intonasi yang sedang.
|
Memenuhi
dua kriteria
|
Memenuhi
satu kriteria
|
Tidak
memenuhi kriteria
|
2)
Rubrik
memeragakan ungkapan tolong dan terima kasih secara lisan.
No
|
Kriteria
|
Tuntas
(3)
|
Belum Tuntas
(2)
|
Belum Tuntas
(1)
|
Belum Tuntas
(0)
|
1.
|
Pelafalan
|
Siswa mampu mengungkapkan terima kasih dan tolong dengan berbicara
dengan suara yang keras, jelas, dan lancar dengan intonasi yang sedang.
|
Memenuhi
dua kriteria
|
Memenuhi
satu kriteria
|
Tidak
memenuhi kriteria
|
3)
Rubrik memprediksi dan membuat pola bilangan
No
|
Kriteria
|
Tuntas
(3)
|
Belum Tuntas
(2)
|
Belum Tuntas
(1)
|
Belum Tuntas
(0)
|
1.
|
Ketepatan
|
Siswa
mampu menghitung banyak benda,
menyusun baris bilangan berdasarkan banyak benda, dan mengetahui pola dari
baris bilangan dengan tepat.
|
Memenuhi
dua kriteria
|
Memenuhi
satu kriteria
|
Tidak
memenuhi kriteria
|
Refleksi Guru:
..............................................................................................................................................
..............................................................................................................................................
..............................................................................................................................................
..............................................................................................................................................
..............................................................................................................................................
..............................................................................................................................................
..............................................................................................................................................
..............................................................................................................................................
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
...................................
NIP XXXXXXXXXXX
|
Bandung,
..........................
Guru Kelas I
......................................
NIP XXXXXXXXXXXX
|
Comments
Post a Comment