Contoh Proposal Kegiatan
PROPOSAL SEMINAR DAN LOKAKARYA PEMBERDAYAAN SUMBER BELAJAR BERBASIS MUSEUM SAKOLA RAKJAT (SEMILOKA SAKOLA RAKJAT)
A.
Latar Belakang
Hakikat pendidikan adalah usaha sadar
dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar
peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya adapun tujuannya
adalah agar peserta didik memiliki kekuatan spiritual, keagamaan, pengendaian
diri, kepribadian, kecerdasan akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan
oleh dirinya, masyarakat, bangsa dan negara (Depdikbud, 2003: 6).
Universitas
Pendidikan Indonesia (UPI) merealisasikan hakikat dan tujuan pendidikan
tersebut menjadi visi dan misinya yaitu A
Leading and Outstanding University (Universitas Pelopor dan Unggul). Adapun
misinya adalah
(1) To prepare educators and
other professional for global competition, (2) To develop innovative theories
of education and non educational sciences as foundation for developing policy
of national education, (3) To provide professional community service as an
effort to solve national problems in the field of education, politics, economy,
and culture, and (4) To develop international education programs throught
networking and partnership at national, regional, and international levels
(UPI Press, 2007: 1-2).
Sejalan dengan visi
misi tersebut, PGSD UPI Kampus Tasikmalaya senantiasa berupaya meningkatkan
kualitas layanan pendidikan baik kepada mahasiswa, dosen ataupun masyarakat.
Dengan upaya tersebut, pencapaian kualitas pendidikan dapat ditingkatkan. Salah
satu wujud dari peningkatan layanan tersebut, PGSD UPI Kampus Tasikmalaya
mendirikan museum pendidikan dasar dengan nama museum “Sakola Rakjat ”. Museum “Sakola
Rakjat ” ini merumuskan visi: “A
Leading Education Museum” dengan misi: (a)
ngamumule nilai-nilai cipta, rasa, karsa, jeung karya pendidikan dasar, (b)
ngawariskeun kaluhungan nilai-nilai budaya ka seuweu siwi.
Sebagai
tindak lanjut dari museum Sakola Rakjat yang dilaksanakan oleh PGSD UPI Kampus
Tasikmalaya, program Seminar dan Lokakarya Pemberdayaan Sumber Belajar Berbasis
Museum Sakola Rakjat yang dirancang untuk meningkatkan kualitas
layanan pendidikan dan mengembangkan nilai-nilai baru dalam pembelajaran di
Sekolah Dasar dengan tema “Revitalisasi Pendidikan Masa Kini berbasis Sakola Rakjat ”.
B.
Landasan Kegiatan
1. Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga UPI
2. Rencana Strategi UPI Bumi Siliwangi
3. Rencana Strategi UPI Kampus Tasikmalaya
C.
Nama dan Tema Kegiatan
Nama kegiatan ini
adalah “Seminar dan Lokakarya Pemberdayaan Sumber Belajar Berbasis Museum Sakola Rakjat” yang selanjutnya disebut
Semiloka Sakola Rakjat dengan tema “Revitalisasi Pendidikan Masa Kini
berbasis Sakola Rakjat ”.
D.
Tujuan Kegiatan
Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah:
1.
Menggali dan
mendokumentasikan pengetahuan dan pengalaman guru SD masa lalu
2.
Mengembangkan
nilai-nilai baru dalam melaksanakan pembelajaran di SD
3.
Mempertahankan
suasana belajar dan proses pembelajaran di SD dihubungkan dengan perubahan
tuntutan kebutuhan masyarakat ataupun ilmu pengetahuan
4.
Memperkenalkan
UPI Kampus Tasikmalaya ke khalayak umum
E.
Peserta Kegiatan
Peserta kegiatan Semiloka
Sakola Rakjat ini sebanyak 200 orang,
yang meliputi mahasiswa program S1 PGSD dan guru SD se-Kota Tasikmalaya.
F.
Deskripsi Kegiatan
Semiloka Sakola Rakjat adalah kegiatan yang
diselenggarakan oleh PGSD UPI Kampus Tasikmalaya dalam upaya meningkatkan
kualitas layanan pendidikan baik kepada mahasiswa, dosen ataupun masyarakat.
Seminar ini berfokus pada kegiatan penggalian dan pendokumentasian pengetahuan
dan pengalaman guru SD masa lalu dalam melaksanakan pembelajaran serta
menjadikan museum Sakola Rakjat sebagai
sumber pembelajaran. Untuk itu, seminar ini akan dilaksanakan melalui kegiatan:
wawancara dengan narasumber, pendokumentasian data dan informasi pelaksanaan
pembelajaran, dan peragaan (demonstrasi) kondisi pelaksanaan pembelajaran oleh
guru SD pada masa lalu yang diabadikan dalam bentuk film.
G.
Waktu dan Tempat
Kegitan ini insya
Allah akan dilaksanakan pada:
hari : Sabtu
tanggal : 02 November 2013
tempat : UPI Kampus Tasikmalaya
H.
Susunan Acara
(terlampir)
I.
Anggaran Dana
(terlampir)
J.
Susunan Kepanitiaan
(terlampir)
K.
Penutup
Demikian
proposal kegiatan ini kami buat sebagaimana mestinya. Dengan segala kerendahan hati, kami mengajak
semua pihak untuk mendukung suksesnya kegiatan Semiloka
Sakola Rakjat UPI Kampus Tasikmalaya, baik secara moril maupun materil.
Atas segala perhatian, bantuan, dan
partisipasi Saudara, kami ucapkan terima kasih. Semoga apa
yang kita usahakan demi kemajuan inovasi dalam dunia pendidikan dapat
memberikan manfaat yang besar bagi kita semua dan mendapatkan ridho Allah SWT. Aamiin.
LEMBAR
PENGESAHAN
Tasikmalaya, September 2013
Ketua
Pelaksana
Seminar
dan Lokakarya Pemberdayaan Sumber Belajar Berbasis Museum Sakola Rakjat,
Muhammad
Rijal Wahid Muharram
NIM.
1004153
|
Sekretaris
Kegiatan
Seminar
dan Lokakarya Pemberdayaan Sumber Belajar Berbasis Museum Sakola Rakjat,
Dede Nurhidayah
NIM.
1204128
|
Penanggung Jawab
Kegiatan,
Dr.
Dian Idihadi, M.Pd.
NIP. 196112201986021001
|
|
Mengetahui
dan Menyetujui
Direktur
UPI Kampus Tasikmalaya,
Prof. Dr. H. Cece
Rakhmat, M.Pd.
NIP.
195204221976031004
|
Lampiran
I
SUSUNAN ACARA
SEMINAR DAN
LOKAKARYA PEMBERDAYAAN SUMBER BELAJAR BERBASIS MUSEUM SAKOLA RAKJAT
UPI KAMPUS
TASIKMALAYA
No
|
Acara
|
Waktu
|
Keterangan
|
PJ
|
1.
|
Briefing Panitia
|
07.00-08.00
|
Ketuplak
|
|
2.
|
Registrasi Peserta Semiloka
|
08.00-09.00
|
Disertai Tampilan UKM Seni Musik TMC
|
Acara
|
3
|
Pembukaan
·
Pembukaan
·
Tilawah Al Quran
·
Sambutan-sambutan
|
09.00-10.00
|
Qori: Ust. Ahmad Hambali
|
Acara
|
4
|
Pemutaran Film
|
10.00-11.00
|
Diserahkan sepenuhnya kepada penanggungjawab Film
Narator: Andi
|
|
5.
|
Seminar tentang SR
|
11.00-12.00
|
Pemateri :
Guru SR: Ibu Anih
Guru SPG: Drs. Didi Sutardi
Kadisdik: Undang H. M.Pd.
Alumni SR: Prof. Dr. H. Cece Rahmat, M.Pd
Mod: Drs. Aan Kusdiana M.Pd
|
Acara
|
6.
|
Ishoma
|
12.00-13.00
|
Acara
|
|
7.
|
Lokakarya FGD
|
13.00-14.00
|
Moderator Pendamping:
Agus MM. Yanti P., Eulis Wina, Chusna A., Nuraeni,
Nita N,Ilham Mauludin, Tiara, Atin P. ,Tendi.
|
Acara
|
8
|
Pembahasan Hasil FGD.
|
14.00-15.00
|
Moderator: M.
Rijal W. M.
|
Acara
|
9.
|
Doa dan Tutup
|
15.00-15.30
|
Acara
|
|
10.
|
Evaluasi
|
15.30- 16.00
|
Ketuplak
|
Lampiran II
RENCANA ANGGARAN
BIAYA
SEMINAR DAN
LOKAKARYA PEMBERDAYAAN SUMBER BELAJAR BERBASIS MUSEUM SAKOLA RAKJAT
UPI KAMPUS
TASIKMALAYA
I. Pemasukan
II. Anggaran Pengeluaran
|
Rp.
|
12.000.000,-
|
|
1. Kesekretariatan
|
|||
Surat Undangan 200
![]() |
Rp.
|
100.000,-
|
|
Amplop 2
![]() |
Rp.
|
36.000,-
|
|
Print Amplop 200
![]() |
Rp.
|
100.000,-
|
|
Biaya Tak Terduga
|
Rp.
|
50.000,-
|
|
Jumlah
|
Rp.
|
286.000,-
|
|
2.
Acara
|
|||
Pembicara 9
![]() |
Rp.
|
4.500.000,-
|
|
Moderator 1
![]() |
Rp.
|
500.000,-
|
|
Jumlah
|
Rp.
|
5.000.000,-
|
|
3.
Dekorasi dan Dokumentasi
|
|||
Dekorasi
|
Rp.
|
150.000,-
|
|
Biaya Tak Terduga
|
Rp.
|
25.000,-
|
|
Jumlah
|
Rp.
|
150.000,-
|
|
4.
Logistik
|
|||
Spanduk
|
Rp.
|
120.000,-
|
|
Piagam 11
![]() |
Rp.
|
55.000,-
|
|
Sertifikat 200
![]() |
Rp.
|
600.000,-
|
|
ID Card 20
![]() |
Rp.
|
70.000,-
|
|
Stempel
|
Rp.
|
25.000,-
|
|
Biaya Tak Terduga
|
Rp.
|
25.000,-
|
|
Jumlah
|
Rp.
|
895.000,-
|
|
5.
Publikasi dan Humas
|
|||
Transportasi
|
Rp.
|
150.000,-
|
|
Pamflet
|
Rp.
|
50.000,-
|
|
Jumlah
|
Rp.
|
200.000,-
|
|
6.
Konsumsi
|
|||
Konsumsi pemateri dan dosen 50
![]() |
Rp.
|
1.250.000,-
|
|
Konsumsi peserta 200
![]() |
Rp.
|
3.000.000,-
|
|
Konsumsi panitia 20
![]() |
Rp.
|
400.000,-
|
|
Air Mineral 2
![]() |
Rp.
|
60.000,-
|
|
Jumlah
|
Rp.
|
4.710.000,-
|
|
JUMLAH PENGELUARAN
|
Rp.
|
11.241.000,-
|
|
Terbilang : Sebelas
Juta Dua Ratus Empat Puluh Satu Ribu Rupiah.
|
Lampiran III
SUSUNAN
KEPANITIAAN
SEMINAR DAN
LOKAKARYA PEMBERDAYAAN SUMBER BELAJAR BERBASIS MUSEUM SAKOLA RAKJAT
UPI KAMPUS
TASIKMALAYA
Pelindung : Prof. Dr. H. Cece Rakhmat, M.Pd.
Penanggung Jawab : Dr. Dian Indihadi, M.Pd.
Steering Committee : Taopik Rahman, M.Pd.
Organizing Committee
Ketua
Pelaksana : Muhammad Rijal Wahid
Muharram
Sekretaris : Dede Nurhidayah
Kesekretariatan : Kemala Apsari
Bendahara : Asri Lestari Dekanis
Seksi-Seksi :
1.
Acara
Koordinator : Sani Aryanto
Anggota : Risa Wismaliya
Suci Ramadhani
Paramudhita Nafisa
2.
Publikasi dan Humas
Koordinator : Asep Nuryadin
Anggota : Ahmad Marogi
Risye Paulina
3.
Dekorasi dan Dokumentasi
Koordinator : Rahayu Herawati
Anggota : Inda Tantiana
Citra Kharisma
4.
Logistik
Koordinator : Jenal Wahiddin
Anggota : Agus Ahmid
Asep Vindi Nugraha
5.
Konsumsi
Koordinator : Elah Nurlaela Sari
Anggota : Tika Astriana
Ai Nuraeni
Comments
Post a Comment