Contoh Proposal Kegiatan

PROPOSAL SEMINAR DAN LOKAKARYA PEMBERDAYAAN SUMBER BELAJAR BERBASIS MUSEUM SAKOLA RAKJAT (SEMILOKA SAKOLA RAKJAT)

A.    Latar Belakang
Hakikat pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya adapun tujuannya adalah agar peserta didik memiliki kekuatan spiritual, keagamaan, pengendaian diri, kepribadian, kecerdasan akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan oleh dirinya, masyarakat, bangsa dan negara (Depdikbud, 2003: 6).
Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) merealisasikan hakikat dan tujuan pendidikan tersebut menjadi visi dan misinya yaitu A Leading and Outstanding University (Universitas Pelopor dan Unggul). Adapun misinya adalah
(1) To prepare educators and other professional for global competition, (2) To develop innovative theories of education and non educational sciences as foundation for developing policy of national education, (3) To provide professional community service as an effort to solve national problems in the field of education, politics, economy, and culture, and (4) To develop international education programs throught networking and partnership at national, regional, and international levels (UPI Press, 2007: 1-2).
Sejalan dengan visi misi tersebut, PGSD UPI Kampus Tasikmalaya senantiasa berupaya meningkatkan kualitas layanan pendidikan baik kepada mahasiswa, dosen ataupun masyarakat. Dengan upaya tersebut, pencapaian kualitas pendidikan dapat ditingkatkan. Salah satu wujud dari peningkatan layanan tersebut, PGSD UPI Kampus Tasikmalaya mendirikan museum pendidikan dasar dengan nama museum “Sakola Rakjat ”. Museum “Sakola Rakjat ” ini merumuskan visi: “A Leading Education Museum” dengan misi: (a) ngamumule nilai-nilai cipta, rasa, karsa, jeung karya pendidikan dasar, (b) ngawariskeun kaluhungan nilai-nilai budaya ka seuweu siwi.
Sebagai tindak lanjut dari museum Sakola Rakjat  yang dilaksanakan oleh PGSD UPI Kampus Tasikmalaya, program Seminar dan Lokakarya Pemberdayaan Sumber Belajar Berbasis Museum Sakola Rakjat  yang dirancang untuk meningkatkan kualitas layanan pendidikan dan mengembangkan nilai-nilai baru dalam pembelajaran di Sekolah Dasar dengan tema “Revitalisasi Pendidikan Masa Kini berbasis Sakola Rakjat ”.


B.     Landasan Kegiatan
1.      Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga UPI
2.      Rencana Strategi UPI Bumi Siliwangi
3.      Rencana Strategi UPI Kampus Tasikmalaya

C.    Nama dan Tema Kegiatan
Nama kegiatan ini adalah “Seminar dan Lokakarya Pemberdayaan Sumber Belajar Berbasis Museum Sakola Rakjat” yang selanjutnya disebut Semiloka Sakola Rakjat  dengan tema “Revitalisasi Pendidikan Masa Kini berbasis Sakola Rakjat ”.

D.    Tujuan Kegiatan
Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah:
1.      Menggali dan mendokumentasikan pengetahuan dan pengalaman guru SD masa lalu
2.      Mengembangkan nilai-nilai baru dalam melaksanakan pembelajaran di SD
3.      Mempertahankan suasana belajar dan proses pembelajaran di SD dihubungkan dengan perubahan tuntutan kebutuhan masyarakat ataupun ilmu pengetahuan
4.      Memperkenalkan UPI Kampus Tasikmalaya ke khalayak umum

E.     Peserta Kegiatan
Peserta kegiatan Semiloka Sakola Rakjat ini sebanyak 200 orang, yang meliputi mahasiswa program S1 PGSD dan guru SD se-Kota Tasikmalaya.

F.     Deskripsi Kegiatan
Semiloka Sakola Rakjat adalah kegiatan yang diselenggarakan oleh PGSD UPI Kampus Tasikmalaya dalam upaya meningkatkan kualitas layanan pendidikan baik kepada mahasiswa, dosen ataupun masyarakat. Seminar ini berfokus pada kegiatan penggalian dan pendokumentasian pengetahuan dan pengalaman guru SD masa lalu dalam melaksanakan pembelajaran serta menjadikan museum Sakola Rakjat sebagai sumber pembelajaran. Untuk itu, seminar ini akan dilaksanakan melalui kegiatan: wawancara dengan narasumber, pendokumentasian data dan informasi pelaksanaan pembelajaran, dan peragaan (demonstrasi) kondisi pelaksanaan pembelajaran oleh guru SD pada masa lalu yang diabadikan dalam bentuk film.

G.    Waktu dan Tempat
Kegitan ini insya Allah akan dilaksanakan pada:
hari           : Sabtu
tanggal     : 02 November 2013
tempat      : UPI Kampus Tasikmalaya

H.    Susunan Acara
(terlampir)

I.       Anggaran Dana
(terlampir)

J.      Susunan Kepanitiaan
(terlampir)

K.    Penutup
Demikian proposal kegiatan ini kami buat sebagaimana mestinya. Dengan segala kerendahan hati, kami mengajak semua pihak untuk mendukung suksesnya kegiatan Semiloka Sakola Rakjat UPI Kampus Tasikmalaya, baik secara moril maupun materil.
Atas segala perhatian, bantuan, dan partisipasi Saudara, kami ucapkan terima kasih. Semoga apa yang kita usahakan demi kemajuan inovasi dalam dunia pendidikan dapat memberikan manfaat yang besar bagi kita semua dan mendapatkan ridho Allah SWT. Aamiin.

LEMBAR PENGESAHAN


Tasikmalaya,  September 2013

Ketua Pelaksana
Seminar dan Lokakarya Pemberdayaan Sumber Belajar Berbasis Museum Sakola Rakjat,




Muhammad Rijal Wahid Muharram
NIM. 1004153
Sekretaris Kegiatan
Seminar dan Lokakarya Pemberdayaan Sumber Belajar Berbasis Museum Sakola Rakjat,




Dede Nurhidayah
NIM. 1204128

Penanggung Jawab Kegiatan,



Dr. Dian Idihadi, M.Pd.
NIP. 196112201986021001


Mengetahui dan Menyetujui
Direktur UPI Kampus Tasikmalaya,




Prof. Dr. H. Cece Rakhmat, M.Pd.
NIP. 195204221976031004



Lampiran I

SUSUNAN ACARA
SEMINAR DAN LOKAKARYA PEMBERDAYAAN SUMBER BELAJAR BERBASIS MUSEUM SAKOLA RAKJAT  
UPI KAMPUS TASIKMALAYA

No
Acara
Waktu
Keterangan
PJ
1.
Briefing Panitia
07.00-08.00

Ketuplak
2.
Registrasi Peserta Semiloka
08.00-09.00
Disertai Tampilan UKM Seni Musik TMC
Acara
3
Pembukaan
·         Pembukaan
·         Tilawah Al Quran
·         Sambutan-sambutan
09.00-10.00
Qori: Ust. Ahmad Hambali
Acara

4
Pemutaran Film
10.00-11.00
Diserahkan sepenuhnya kepada penanggungjawab Film
Narator: Andi

5.
Seminar tentang SR
11.00-12.00
Pemateri :
Guru SR: Ibu Anih
Guru SPG: Drs. Didi Sutardi
Kadisdik: Undang H. M.Pd.
Alumni SR: Prof. Dr. H. Cece Rahmat, M.Pd
Mod: Drs. Aan Kusdiana M.Pd
Acara
6.
Ishoma
12.00-13.00

Acara
7.
Lokakarya FGD
13.00-14.00
Moderator Pendamping:
Agus MM. Yanti P., Eulis Wina, Chusna A., Nuraeni, Nita N,Ilham Mauludin, Tiara, Atin P. ,Tendi.
Acara
8
Pembahasan Hasil FGD.
14.00-15.00
Moderator:  M. Rijal W. M.
Acara
9.
Doa  dan Tutup
15.00-15.30

Acara
10.
Evaluasi
15.30- 16.00

Ketuplak



Lampiran II

RENCANA ANGGARAN BIAYA
SEMINAR DAN LOKAKARYA PEMBERDAYAAN SUMBER BELAJAR BERBASIS MUSEUM SAKOLA RAKJAT  
UPI KAMPUS TASIKMALAYA


I.       Pemasukan
II.    Anggaran Pengeluaran
Rp.
12.000.000,-

1.      Kesekretariatan



Surat Undangan 200@500
Rp.
100.000,-

Amplop 218000
Rp.
36.000,-

Print Amplop 200@500
Rp.
100.000,-

Biaya Tak Terduga
Rp.
50.000,-

Jumlah
Rp.
286.000,-









2.      Acara



Pembicara 9@500000
Rp.
4.500.000,-

Moderator 1500000
Rp.
500.000,-

Jumlah
Rp.
5.000.000,-









3.      Dekorasi dan Dokumentasi



Dekorasi
Rp.
150.000,-

Biaya Tak Terduga
Rp.
25.000,-

Jumlah
Rp.
150.000,-









4.      Logistik



Spanduk
Rp.
120.000,-

Piagam 11@5000
Rp.
55.000,-

Sertifikat 200@3000
Rp.
600.000,-

ID Card 20@3500
Rp.
70.000,-

Stempel
Rp.
25.000,-

Biaya Tak Terduga
Rp.
25.000,-

Jumlah
Rp.
895.000,-






5.      Publikasi dan Humas



Transportasi
Rp.
150.000,-

Pamflet
Rp.
50.000,-

Jumlah
Rp.
200.000,-









6.      Konsumsi



Konsumsi pemateri dan dosen 50@25000
Rp.
1.250.000,-

Konsumsi peserta 200@15.000
Rp.
3.000.000,-

Konsumsi panitia 20@20000
Rp.
400.000,-

Air Mineral 2@30000
Rp.
60.000,-

Jumlah
Rp.
4.710.000,-





JUMLAH PENGELUARAN
Rp.
11.241.000,-


Terbilang : Sebelas Juta Dua Ratus Empat Puluh Satu Ribu Rupiah.





Lampiran III

SUSUNAN KEPANITIAAN
SEMINAR DAN LOKAKARYA PEMBERDAYAAN SUMBER BELAJAR BERBASIS MUSEUM SAKOLA RAKJAT  
UPI KAMPUS TASIKMALAYA

Pelindung                   : Prof. Dr. H. Cece Rakhmat, M.Pd.
Penanggung Jawab   : Dr. Dian Indihadi, M.Pd.
Steering Committee   : Taopik Rahman, M.Pd.


Organizing Committee
Ketua Pelaksana          : Muhammad Rijal Wahid Muharram
Sekretaris                    : Dede Nurhidayah
Kesekretariatan           : Kemala Apsari
Bendahara                   : Asri Lestari Dekanis

Seksi-Seksi :
1.      Acara
Koordinator         : Sani Aryanto
Anggota               : Risa Wismaliya
                               Suci Ramadhani
                               Paramudhita Nafisa

2.      Publikasi dan Humas
Koordinator         : Asep Nuryadin
Anggota               : Ahmad Marogi
                               Risye Paulina


3.      Dekorasi dan Dokumentasi
Koordinator         : Rahayu Herawati
Anggota               : Inda Tantiana
                               Citra Kharisma

4.      Logistik
Koordinator         : Jenal Wahiddin
Anggota               : Agus Ahmid
                               Asep Vindi Nugraha

5.      Konsumsi
Koordinator         : Elah Nurlaela Sari
Anggota               : Tika Astriana

                               Ai Nuraeni

Comments

Popular posts from this blog

LAPORAN HASIL OBSERVASI PENGELOLAAN KELAS DI SDI AL-AZHAR 33 TASIKMALAYA

LAPORAN OBSERVASI PENYIMPANGAN PERILAKU ANAK SD

LAPORAN KARYA WISATA ILMIAH KE YOGYAKARTA