Pembuatan Es Goyang untuk Menjelaskan tentang Wujud Zat
Pembuatan Es
Goyang
A. Tujuan
Memahami
wujud zat
Mengamati
struktur dan ciri-ciri zat padat, cair, dan gas
Memahami
perubahan wujud zat
Membuktikan
bahwa suatu zat dapat berubah wujud
B.
Alat
dan Bahan
Alat:
Toples
Corong
Plastik
es
Wadah
Termometer
Palu
|
Bahan:
Jasjus
7 buah
Es
Garam
kasar
Air
mineral 2 botol
|
C.
Petunjuk
Kegiatan
a. Petunjuk
Umum
Seluruh
siswa harus hadir di lab tepat pukul 13.00 WIB
Seluruh
siswa wajib menggunakan jas lab
Seluruh
siswa harus duduk sesuai kelompok
Lakukan
praktikum dengan tertib dan teliti
Rapikan
kembali alat dan bahan yang telah digunakan
b. Langkah-Langkah
Kegiatan
Siapkan
alat dan bahan
Larutkan
jasjus ke dalam air mineral
Ukurlah
suhu masing-masing bahan yang akan digunakan serta suhu ruangan. Catatlah !
Tuangkan
air jasjus ke dalam plastik es dengan corong, kemudian ikat plastik dengan kuat.
Hancurkan
es menjadi beberapa bagian kecil
Masukkan
bungkusan air jasjus ke dalam toples
Masukkan
es yang telah dihancurkan ke dalam toples
Masukkan
garam ke dalam toples, kemudian ukur suhunya!
Tutup
toples dan kocok toples selama 5 menit tanpa berhenti
Ukur
suhu setelah 5 menit digoyangkan
Ambil
hasilnya, amati dan tulis setiap perubahan yang terjadi
D.
Tugas
Diskusi
1. Bagaimana perbandingan suhu es batu, campuran es dengan
garam, dan suhu bahan es pada saat membeku?
2. Alat
pengukur suhu disebut?
3. Berdasarkan kegiatan yang telah kamu lakukan, jelaskan
perubahan wujud apa sajakah yang terjadi pada air jasjus dan permukaan toples?
4. Perubahan
zat dari cair menjadi padat disebut?
5. Mencair
adalah perubahan wujud zat dari zat .... menjadi ....
6. Isilah
titik-titik di bawah ini!
E.
Kesimpulan
................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Comments
Post a Comment